Macam-Macam Material Gunung dan Harganya

 

Ada 2 cara menambang material untuk bahan bangunan, yaitu dari material gunung yang ditambang langsung, dan material pasir yang ditambang setelah mengalami erosi secara alami. Material gunung umumnya dijual dalam bentuk bebatuan ukuran besar amaupun kecil, sedangkan material pasir dijual dalam bentuk butiran yang sudah difilter.

Material gunung maupun pasir digunakan secara bersamaan dalam proses konstruksi bangunan. Oleh karena itu, ketika ingin merenovasi rumah, kita juga perlu paham mengenai material batuan yang akan digunakan.

Kebanyakan masyarakat hanya fokus mencari tahu tentang jenis-jenis pasir dan harganya saja. Padahal, ada banyak juga jenis bahan bangunan dari gunung yang punya fungsi serta harga berbeda-beda.

Nah, kali ini LapakPasir akan membantu Anda mempelajari tentang jenis-jenis material gunung dan harganya.

 

Fungsi Material Gunung untuk Bangunan

Karena ada banyak jenis batuan gunung, maka fungsinya pun beragam. Berikut ini adalah beberapa contoh dari material gunung yang paling banyak digunakan dalam konstruksi bangunan.

 

Bahan Utama Urug Tanah

Permukaan tanah yang ingin diratakan biasanya diurug menggunakan tanah urug khusus. Namun jika permukaannya ingin ditinggikan, maka perlu digunakan material batuan yang disebar ataupun dikumpulkan dalam karung.

Tumpukan material batuan akan disusun secara acak agar ketinggian tanah sesuai dengan keinginan kontraktor.

Dengan cara ini, tanah urug yang perlu digunakan jadi lebih sedikit. Sehinggal lebih hemat biaya dan pengerjannya pun lebih cepat.

 

Sebagai Pelapis Dinding Interior dan Eksterior

Material batuan gunung juga bisa digunakan sebagai pelapis dinding yang menambah estetika dari desain interior maupun eksterior bangunan tersebut.

Fungsi batu gunung yang satu ini memang jarang ditemui di gedung-gedung perkantoran atau apartemen. Sebab desain bangunan dengan dinding batu lebih banyak digunakan pada perumahan, rumah makan, atau tempat yang ingin menunjukan suasana alami pada bangunan tersebut.

Batu yang digunakan untuk pelapis dinding pun dipahat secara manual oleh seniman profesional. Sehingga batu jenis ini tergolong seni, bukan hanya sekedar bahan bangunan.

 

Untuk Permukaan Jalan tanpa Aspal

Beberapa lahan yang ingin digunakan sebagai jalan di area gedung, tapi tidak mau diaspal atau dicor karena keterbatasan dana, biasanya dilapisi dengan material batu dulu.

Dengan cara ini, jalanan tidak akan becek waktu hujan, permukaan tanahnya tidak akan cepat rusak karena dilalui kendaraan, serta mengurangi debu dari pasir ketika musim kemarau.

Contoh penggunaan batu untuk jalanan seperti ini biasanya ditemukan di area lahan parkir gedung yang sedang di tahap finishing. Nanti setelah gedung selesai di-finishing, lahan tersebut bisa langsung diaspal tanpa harus diurug lagi dengan pasir.

Batu yang digunakan untuk lahan jalan tanpa aspal biasanya terdiri dari campuran 2 jenis batu, yaitu batu sirdam dan sirtu. Kedua batu sirtu dan sirdam yang dijual dalam satu paket disebut dengan nama batu base course.

Sedia Abu Batu

Kegunaan Untuk Paving

Batu Pecah

Batu gunung SIap pakai

batu split

dari gunung berkualitas

Batu Screening

Untuk jalan mix dan cor

Bata Press

dengan pembakaran Yang matang

Sirdam

untuk penggurugan

makadam

untuk urugan tahap 1

Batu Split

split ukuran 3-5cm

Harga Material Gunung Berdasarkan Jenisnya

Seperti yang sudah dikatakan tadi, jenis material batuan dari gunung ada banyak jenisnya. Sehingga harganya pun beragam karena punya kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Meskipun begitu, kami di LapakPasir selalu menyediakan berbagai jenis batu gunung dengan harga yang terjangkau.

Nah, berikut ini adalah daftar harga material gunung di LapakPasir berdasarkan jenisnya.

 

Harga Batu Gunung

Sesuai dengan namanya, batu gunung adalah jenis batu yang ditambang langsung dari gunung. Batu jenis ini punya ukuran paling besar dan tidak mudah hancur meskipun terendam air selama berhari-hari. Oleh karena itu, batu gunung atau batu belah digunakan sebagai pondasi dari bangunan.

Harga batu gunung di LapakPasir saat ini adalah sebagai berikut.

Ukuran

Harga

Colt Diesel

Rp.1.500.000 – 1.800.000

Tronton 25M³

 Rp. 230.000 – 300.000/M³

Engekel 3,3m³

Rp.1.100.000 – 1.300.000

Perlu diketahui, ada dua jenis batu gunung yang biasa dipakai untuk material bangunan, yaitu batu gunung hitam dan putih.

Perbedaannya bisa dilihat melalui warna, ketebalan, serta beratnya. Namun, harga kedua jenis batu ini tidak jauh berbeda.

 

Harga Batu Beskos

Selanjutnya adalah batu beskos. Seperti yang sudah dikatakan tadi, batu ini merupakan campuran antara batu sirdam dan sirtu.

Umumnya ada 2 jenis batu beskos yang dijual di pasaran, yaitu:

  • Beskos A, dengan ukuran rata-rata 2 – 3 cm
  • Beskos B, dengan ukuran rata-rata 3 – 4 cm

Harga batu beskos mulai dari 200 ribu per meter kubik.

 

Harga Batu Sirdam

Batu sirdam adalah jenis material batuan yang ukurannya kecil, halus, dan bentuknya segitiga tapi dengan ujung yang tidak tajam. Material jenis ini sering kali digunakan untuk urukan tanah yang akan diinjak oleh manusia atau dilalui oleh kendaraan.

Ukuran batu sirdam biasanya sekitar 2 – 3 cm.

Karena ukurannya lebih kecil, maka tidak akan merusak ban mobil atau motor yang melindas batu ini. Air hujan pun tidak akan membuat permukaan jalanan jadi licin dan membahayakan ketika diinjak.

Untuk harga batu sirdam di LapakPasir, Anda bisa cek tabel berikut ini.

Ukuran

Harga

Colt Diesel

Rp.1.350.000 – 1.600.000

Tronton 25M³

Rp. 180.000 – 250.000/M³

Engekel 3,3m³

Rp.1.000.000 – 1.300.000

 

Harga Batu Sirtu

Batu sirtu atau batu koral juga punya kegunaan yang mirip dengan batu sirdam. Keduanya sama-sama digunakan sebagai bahan urugan tanah yang akan dilewati oleh manusia, baik menggunakan kendaraan maupun jalan kaki.

Bedanya, batu sirtu berbentuk bulat seperti telur. Ukurannya juga lebih besar, diameternya sekitar 5 – 7 cm.

Batu sirtu bisa digunakan langsung sebagai jalanan, tanpa harus dicor di akhir ketika finishing. Sebab bentuknya cocok untuk mengurangi kesan perfeksionis pada bangunan.

Jika Anda ingin menggunakan batu sirtu sebagai bahan bangunan di renovasi rumah, silahkan cek harganya berikut ini.

Ukuran

Harga

Colt Diesel 6,5M³

Rp.1.350.000

Tronton 25M³

 Rp.210.000/M³

Engekel 3,3m³

Rp.1.000.000

 

Harga Batu Makdam

Batu makadam bisa dibilang merupakan campuran antara batu sirtu dan sirdam. Sebab ukurannya besar seperti batu sirtu, dimana tiap batu rata-rata berukuran 5 – 7 cm, tapi bentuknya segitiga berujung tumpul seperti batu sirdam.

Batu makadam biasanya digunakan sebagai batu yang ditempatkan di lapisan kedua urugan tanah setelah batu gunung. Sebab kepadatannya bisa menahan permukaan tanah agar tidak turun. Namun ukurannya yang besar dan tidak rata membuat batu ini membahayakan orang yang lewat jika ditaruh di permukaan tanah.

Harga batu makadam di LapakPasir sangat murah. Silahkan cek katalog harganya di bawah ini.

 

Ukuran

Harga

Colt Diesel

Rp.1.500.000 – 1.700.000

Tronton 24M³

200.000 – 250.000/M³

 

Batu Screening

Dan yang terakhir adalah batu screening, material gunung yang sengaja dipecahkan hingga berukuran kecil agar bisa menempel dengan material lainnya.

Umumnya, batu screening digunakan sebagai bahan campuran pembuatan aspal atau cor jalanan.

Dalam proses finishing bangunan, batu screening dibutuhkan dalam jumlah yang cukup banyak. Oleh karena itu Anda perlu cek harganya dari jauh-jauh hari agar bisa merencanakan budget dengan baik.

Nah, berikut ini adalah harga batu screening di LapakPasir.

Ukuran

Harga

Colt Diesel 6 – 7M³

Rp1.600.000 – 1.850.000

Tronton 24 – 26M³

Rp.220.000 – 270.000/M³

Engekel 3,5m³

Rp.1.000.000 – 1.250.000

 

Seperti itulah info harga material gunung berdasarkan jenisnya. Untuk Anda yang ingin memesan segala macam batu gunung dan material lainnya, segera hubungi nomor kami yang ada di situs resmi LapakPasir.com. Kami siap menanggapi semua pertanyaan pelanggan selama 24 jam.