pasir urug
dengan butiran pasir yang lembut
bisa menjadi bahan untuk resapan juga
Previous
Next

Apa Itu Pasir Urug dan Jenis-jenisnya

Sesuai dengan namanya, pasir urug merupakan bahan utama yang digunakan ketika ingin mengurug lantai atau permukaan tanah menjadi lebih tinggi. Selain itu, sebenarnya pasir jenis ini juga digunakan sebagai bahan material bangunan, baik ketika membangun rumah kecil maupunbangunan besar seperti gedung kantor bertingkat.

Pasir sendiri harganya cukup terjangkau. Sehingga banyak digunakan sebagai bahan dasar yang dicampur lagi dengan tanah atau pasir lainnya agar lebih kuat.

Bukan hanya itu, pasir ini juga punya karakteristik yang bisa memberikan banyak keuntungan untuk bangunan maupun lingkungannya.

Untuk lebih lengkapnya, mari kita bahas lebih lengkap lagi tentang pasir urug dalam artikel berikut ini.

Daftar Harga Jual Pasir urug
Harga Pasir Urug  : Rp.1.400.000
Harga tersebut sudah termasuk ongkir dan isi 6,5M3

Apa itu Pasir Urug?

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, pasir urug adalah jenis pasir yang digunakan untuk mengurug permukaan tanah yang ingin dijadikan sebuah bangunan. Artinya, pasir jenis ini kebanyakan ditempatkan di bagian bawah bangunan.

Kebanyakan pasir urug berasal dari limbah pasir yang dicuci sampai bersih kemudian disaring.

Limbah pasir sendiri adalah sisa-sisa bekas penambangan, biasanya dari penampangan pasir jenis lain, yang tidak sesuai standar kualitas. Sehingga sisa pasir ini dibuang oleh perusahaan tambang pasir sebagai limbah perusahaan.

Namun, karena limbah pasir kebanyakan dibuang tidak pada tempatnya, banyak terjadi kerusakan ekosistem yang diciptakan oleh limbah ini. Sehingga pemerintah menindak perusahaan pasir untuk mengolah limbah pasir sebagai bahan produksi kembali, salah satunya adalah pasir urug.

Limbah pasir yang sudah dibersihkan dan disaring akan menghasilkan butiran pasir yang lebih kecil dan halus.

Pasir-pasir dari sisa limbah yang awalnya tidak sesuai dengan standar kualitas tersebut kemudian bisa digunakan sebagai bahan komplementer dari produk pasir utama yang dihasilkan oleh perushaan yang sama.

Pasir urug kebanyakan berwarna abu-abu gelap dengan butiran halus yang ukurannya relatif lebih kecil dibandingkan pasir jenis lainnya.

 

Apa Kelebihan Pasir Urug?

Walaupun berasal dari limbah, pasir urug punya banyak kelebihan untuk struktur bangunan dan lingkungan di sekitarnya. Berikut ini adalah beberapa kelebihan dari penggunaan pasir urug sebagai bahan bangunan.

 

Harganya Lebih Murah

Sebagai pasir limbah, tentu pasir urug dijual dengan harga yang jauh lebih murah. Sehingga bahan material ini bisa menghemat budget pembangunan sampai lebih dari 50% jika mengganti semua permukaan bangunan dengan pasir urug.

Selain itu, menggunakan pasir urug sebagai bahan campuran juga bisa menghemat budget pembangunan tanpa harus mengorbankan kualitas struktur bangunan seluruhnya.

 

Bisa Menyerap Air Lebih Cepat

Salah satu alasan lain kenapa pasir urug sering digunakan di permukaan tanah adalah karena kemampuannya menyerap air lebih cepat dibanding tanah jenis lainnya.

Karena sudah dicuci dan disaring hingga halus, butiran pasir yang lebih kecil membuat air bisa cepat meresap dengan cepat ke dalam tanah. Hal ini bisa mengurangi kerusakan struktur lantai bangunan dan menghindari banjir di sekitar lingkungan karena tidak ada daerah resapan air.

 

Lebih Ramah Lingkungan

Dengan membeli pasir urug, Anda juga bisa mencegah kerusakan ekosistem karena pembuangan limbah pasir ke sungai.

Tingginya minat dan permintaan pasir urug bisa menghentikan perusahaan yang tidak taat aturan agar tidak membuang limbah produksi mereka sembarangan.

Selain itu, tadi sudah disebutkan jika pasir jenis ini bisa menyerap air dengan cepat. Sehingga kawasan bangunan tersebut bisa terhindar dari bencana alam seperti banjir, longsor, dan kekeringan.

 

Jenis-jenis Pasir Urug

Ternyata, pasir urug juga punya banyak jenis. Jenis-jenis pasir urug ditentukan berdasarkan dari limbah mana pasir tersebut berasal, misalnya:

  • Pasir sungai
  • Pasir pasang
  • Pasir merah
  • Pasir gunung

Nah, mari kita lihat bagaimana detail perbedaannya dan mana yang terbaik diantara keempat jenis tersebut.

 

1. Pasir Sungai / Kali

Sesuai dengan namanya, pasir sungai adalah jenis pasir urug yang didapat dari daerah pinggiran dan dasar sungai atau kali. Sebenarnya pasir jenis ini merupakan hasil erosi dari batuan di dasar dan pinggir sungai oleh aliran air sungai tersebut.

Pasir sungai biasanya ditambang pada hilir sungai, dimana seluruh endapan hasil erosi akan berkumpul dan kemudian digali oleh perusahaan tambang pasir.

Jika dicampur dengan air dan zat kapur, pasir urug dari pasir sungai ini bisa berubah menjadi lebih padat dan sulit terurai oleh air. Sehingga cocok untuk dijadikan bahan struktur lantai yang padat atau bahan pembuatan dinding jika budget-nya terbatas.

 

2. Pasir Pasang

Mirip dengan pasir sungai, pasir pasang juga merupakan pasir yang dihasilkan dari pengikisan batu oleh air. Bedanya, pasir ini dikikis oleh air laut, alias abrasi.

Air laut yang memiliki kadar garam dan senyawa kimia lebih tinggi dibandingkan air tawar bisa mengikis bebatuan dengan lebih sempurna. Hasilnya, pasir memiliki tekstur yang sangat halus dan padat.

Pasir pasang juga sering digunakan untuk struktur tanah pada bangunan. Jika dipadatkan, pasir jenis ini tidak akan terurai bahkan oleh tekanan dari benda padat sekalipun. Sehingga dapat mencegah struktur bangunan menurun ke tanah setelah beberapa tahun.

 

3. Pasir Merah

Pasir merah dan tanah merah adalah dua hal yang berbeda. Meskipun begitu, keduanya sama-sama mengandung lempung atau tanah liat yang membuatnya jadi lebih elastis.

Dibandingkan kedua jenis pasir urug sebelumnya, jenis yang satu ini lebih sulit untuk menyerap air. Sebab permukaannya kasar dan butirannya lebih besar.

 

4. Pasir Gunung

Jenis pasir urug yang terakhir sekaligus yang paling banyak dicari adalah pasir gunung.

Meskipun dijual sebagai limbah, namun harga pasir urug dari pasir gunung ini lumayan mahal.

Kebanyakan pasir jenis ini bukan hanya digunakan untuk permukaan lantai bangunan saja. Namun juga digunakan untuk campuran ketika membangun dinding dan sebagai perekat antara satu material dengan yang lainnya.

Kemampuan pasir gunung yang cepat kering membuat proses pembangunan bisa selesai lebih cepat dibandingkan jika menggunakan pasir jenis lain.

 

Berapa Harga Pasir Urug?

Harga pasir urug sangat beragam. Seperti yang sudah dikatakan di awal, harganya lebih murah dibandingkan harga material pasir yang lainnya.

Umumnya harga 10 M kubik dijual dengan harga 1,9 juta hingga 2 juta Rupiah. Artinya per meter kubiknya dijual mulai dari 200 ribu Rupiah untuk ukuran truk 25-30kubik.

Harganya juga bervariasi di tiap toko dan daerah. Tapi jika Anda beli di HargaPasir.com, harganya dijamin yang paling murah dibandingkan toko manapun. Barangnya pun bisa langsung dikirim ke lokasi tanpa harus datang ke toko fisiknya. Jadi Anda bisa menghemat waktu dan ongkos perjalanan dari rumah ke toko material.

Semoga artikel tentang pasir urug ini bisa membantu Anda yang sedang mencari-cari info tentang jenis-jenis pasir urug dan perbedaannya. Tentu saja pasir ini tidak bisa digunakan di segala jenis bangunan. Oleh karena itu jangan lupa pelajari juga tentang jenis pasir lain yang sering dipakai sebagai bahan material seperti pasir bangka dan pasir rankas.